Selatan ke Tenggara

Senin, 26 September 2011

Ketika matahari, sembunyi-sembunyi mengintip di balik jendela. Bunyi waker yang membisingkan telinga. Mimpi yang indah harus diakhiri. Hari dimulai dengan panic, persiapan belum kelar. Hari ini ada perjalanan panjang, perjalanan ke pulau anoa. Sering sih, rumah juga ada disana. Tapi kali ini dengan rute dan kendaraan yang berbeda untuk tiba kesana.
Keberangkatan dari rumah jam 6.25 am, dengan sidikit tergesa karena jadwal jam 7.00 am (tu juga kata sopir mobilnya). Liat pulsa, kudu diisi, alih-alih mw cepat dengan belinya dekat rumah, malah kena macet jaringan yang loading, akhinya nda jadi juga.
Sampe terminal, nunggu, eh eh, mobil harus ganti karena penumpangnya kurang (apa-apaan ini). Dan akhirnya berangkat juga jam 7.30. Jumlah penumpang mobil ada 6 (+1 anak kecil) orang termasuk dengan diriku, 3 orang lagi adalah penumpang awal dari mobil yang diganti tadi, sekeluaga.
Perjalanan lumayan mengasikkan, ngobrol ma orang-orang yang ke Tenggara juga, ada yang baru mau pulang kampung setalah lama di negeri orang. Waktu nanya:
“dari mana pak???” aku.
“dari Kendari, tapi kerja di Malayse” bapak 1 dengan aksen Malaysia.
Ada pula yang memang dari Tenggara tapi lama tinggal di Selatan
“ngapain pak ke kendari???” aku,
“mau ketemu sama keluarga dek, dah lama tidak ketemu, kangen” bapak 2.
Ada juga yang memang niatnya ke kebupaten yang ada di Selatan.
Awalnya perjalanan biasa-biasa saja, liatin si adik kecil anak penumpang lain yang grasak-grusuk di samping (ade tolong diem dong ‘dalam hati’ x_x) kayaknya heboh sekali.
Perbincangan dalam mobil tak bisa dihindari, berbincang dengan menggunakan aksen yang khas dari daerah ini. Tapi sayang, aku tak mengerti (x_x). Dalam perjalanan, ada lagi penumpang baru, cewe, wanginya,,,,semerbak,,,klo aku cowok dah ku godain kali tu cewek, tapi ternyata kita spesies yang sama ‘cewek’,,,hahahaha
Lanjut jalan,,,da penupang lagi,,,(kayka besar sekali ni mobil, kok nambh lgi yah???) dan akhirnya sempit-sempitan lah jadinya,,,huuuuuuuu (bu tolong dong, bokongnya dikempesin bentar ,biar bisa duduk enak nih kita ‘dalam hati’).
Sepanjang jalan, tu pada orang bincang-bincang semua,,,yang jelasnya pakai bahasa yang luarbiaaaasaaaaa seeekaaaaliiiiiii,,,,aku tak mengerti (T_T). Berasa di negeri Jepang bagian Timur Tengah malah bisa berasa sampai Afrika bagian Barat Daya,,,intinya sih nda ngerti dangan bahasa yang mereka gunakan. Tapi inilah yang buat aku bangga jadi orang Indonesia, bener-benar cinta ma Indonesia, tahu karena apanya???? “WALAU BERBEDA-BEDA, TETAP SATU JUA” asik kan,,,
Kebayang saja, ni orang-orang dalam mobil belum pernah ketemu sebelumnya, kenalnya saja baru dalam mobil, tapi hebatnya dari mereka adalah bisa berbincang-bincang tanpa henti dengan topic pembicaraan yang entah berantah datang dari mana tapi nyambung juga. Akhirnya aku cuman bisa tidur bangun saja, clengak-clenguk kebingungan T_T.
Setelah perjalanan panjang, akhirnya sampai juga di pelabuhan dengan selamat, nempuh waktu dari jam 7.30 sampai jam 1.45 tuh cukup buat tipisin bantalan kursi mobil jadi lebih singset. Ada satu yang buat kesal selalu ketika pergantian kendaraan, pasti ada saja callo+aheng yang tidak jelas,huff.
Andai bisa ngomong langsung “mas, tolong dong, jangan rebutan gitu, ambil nafas ja susah ni malah dikrebutin kayak da pembagian sembako” tapi Cuma bisa ilang dalam hati, sekarang lagi marak orang yang pada sensi-sensian, baru ngomong dikit, bisa saja kita kena bacok,,,horror kan.
Dan akhirnya, kendaraan yang akan mengantar ke tenggara terlihat juga ^_^. Aku menamakan kendaraan ini dengan sebutan “Angkot Ekspres Laut”,keren kan namanya (nama asli Kapal superjet kata orang-orang). Yang buat keren lagi, ni angkot pake AC, pake TV, da DVD, ada sound system kayak lagi karokean,,,,hhhhmmmm yammi, tapi semua penumpangnya pake kursi, tanpa kamar buat tidur.
Tikitikkitik,,,,tikitikkitik,,,sambil senyam-senyum masuk, waduhhhh,,,penuh yah,,,hhhmmm,,nda penuh-penuh amat sih,,,ada yang kosong, tapi waktu dtanyain:
“pak, disini ada orangnya??” aku.
“ada de”bapak.
“de, disini ada orangnya??” aku.
“ada”
Yang klo diliat sih, bapaknya doang yang mau tidur-tiduran sambil selonjoran gitu,,,huuuuu
Parahnya nih yah, dari kebanyakn kondaraan yang pernah ditumpangin yang jarak tempuh lumayan lama untuk tiba di tempat tujuan, orang-orang yang pada naik itu ngambil porsi lebih buat mereka (kayak makanan ja nih). Pak, bu, yang lain masih pada mau duduk,Huff,,,
Susah nyari, akhirnya dapat juga, duduk disamping bapak yang kira-kira usianya 50 menjelang 60an deh,,,tak mengapa,,asal sampai dengan selamat ditujuan. Dari pelabuhan siwa berangkat jam 2.10 pm sampai di pelabuhan kolaka jam 5.15 pm. Lumayan cepat kan ^_^.
Penempuh perjalanan dengan waktu yang relative singkat dari biasanya, tapi juga ternyata melelahkan. Kebayang kan, dari start awal sampai tiba dirumah, duduk mulu nda pake baring.
Dari Makassar ke pelabuhan siwa itu duduk (± 6 jam 15 menit), pelabuhan siwa ke pelabuhan kolaka itu juga duduk (± 3 jam 25 menit), dari pelabuhan kolaka ke rumah saudara duduk lagi (pokoknya tiba jam 8 tengg waktu pomalaa), kesemutan ni mata,,,bisa kena ganguan hati nih,,,(paan coba).
Dari segi biaya dan waktu (bukan pesawat), lumayan beda. Rute 1 dari Makassar-Pelabuhan Bajoe-Kolaka-Kendari, butuh dana 60ribu buat mobil;65+30ribu buat kapal;50ribu (ke kendari);20ribu buat makan, waktu tempuh bisa 1 hari semalam. Rute 2 dari Makassar-Pelabuhan Siwa-Kolaka-Kendari, butuh dana 70ribu buat mobil;150ribu buat kapal;50 ribu buat mobil (k kendari);20ribu makan, waktu tempuh tidak sampai 24 jam. Kalau menggunakan pesawat, pastinya lebih cepat sih,,tapi tak berasa buat nambah pengalaman dan cerita. Pilih rute mana kawand2??? Yang irit tapi lama, atau yang dikit mahal tapi cepat,,,terserah dari kalian :)

3 komentar:

  1. Andi Ary Anggara mengatakan...:

    Tulisannya panjang yah.. hehhe.. Perjalanan yang Mengembirakan hhahaha

  1. Jasmine mengatakan...:

    hehehe,,,luapan isi hati,,,biar yang baca bisa ngerasa juga pa yang dialami :)

  1. Anita L. Dewi, S.Gz mengatakan...:

    Pengen deh bisa backpacker`an gitu...
    tapi, suka belum berani, aku rempong orangnya..
    hahaha

    Salam
    Makara for Healthy Life
    http://makara393.blogspot.com/

Posting Komentar

Followers

Blogger templates

 
A Lady Traveler © 2011 | Designed by Interline Cruises, in collaboration with Interline Discounts, Travel Tips and Movie Tickets